PERBA No. 4 Tahun 2020 – Pedoman Penyelesaian Perselisihan Perdagangan Berjangka Komoditi

Prosedur Operasional Standar Pengaduan Nasabah PERBA No. 4 Tahun 2020

Prosedur Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Nasabah

Berdasarkan Peraturan BAPPEBTI No. 4 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelesaian Perselisihan di bidang Perdagangan Berjangka dan Komoditi, dengan ini diinformasikan Prosedur Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Nasabah PT Delapan Emas Berjangka (selanjutnya disebut Perusahaan) sebagai berikut :

1. Prosedur Penyampaian Pengaduan Kepada Perusahaan

Pengajuan pengaduan kepada Perusahaan hanya dapat dilakukan oleh nasabah atau perwakilan nasabah yang bertindak untuk dan atas nama nasabah (ditunjukkan dengan surat kuasa bermeterai). Nasabah dapat menyampaikan pengaduan kepada Perusahaan melalui beberapa cara sebagai berikut:

1.1. Pengaduan secara lisan

Nasabah mendatangi kantor Pusat atau cabang Perusahaan terdekat dan menyampaikan pengaduan melalui Customer Service / Petugas pelayanan pengaduan nasabah, atau Nasabah menelpon dan menyampaikan pengaduannya melalui Layanan Pengaduan Nasabah No. Telp 021-50101858 (Direct).

1.2. Pengaduan secara tertulis

Nasabah dapat Menyampaikan melalui surat/faksimili di No. 021-50101848 atau “email” ke alamat company@8emas.co.id dengan subjek “Pengaduan Nasabah”.

Dalam hal pengaduan diajukan secara tertulis, maka nasabah wajib melampirkan fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya. Seperti :

  • Foto copy KTP nasabah dan atau perwakilannya (jika diwakilkan).
  • Surat kuasa bermaterai dari nasabah yang diwakilkan (jika diwakilkan).
  • Foto copy bukti transaksi keuangan yang terkait permasalahan (Bukti Transfer Dana dan laporan transaksi yang dilakukan).
  • Foto copy dokumen pendukung lainnya yang terkait permasalahan.
  • Kronologis atau uraian pengaduan dengan jelas dan detail

2. Kebijakan dan Prosedur

  1. Divisi Layanan Pengaduan Nasabah Perusahaan kantor Pusat dan Kantor Cabang Perusahaan wajib memberitahukan dan menjelaskan kebijakan prosedur pengaduan dan mengarahkan Nasabah untuk melakukan Pengaduan ke laman website BAPPEBTI : https://pengaduan.bappebti.go.id.
  2. Nasabah yang menyampaikan pengaduan secara lisan dan tertulis wajib diberitahukan dan dijelaskan cara Pengaduan Nasabah harus dilakukan melalui BAPPEBTI : https://pengaduan.bappebti.go.id.
  3. Nasabah wajib mengunggah (upload) Dokumen-dokumen ke laman website https://pengaduan.bappebti.go.id sebagai berikut :








  4. BAPPEBTI akan melakukan verifikasi dokumen-dokumen yang diunggah oleh nasabah di laman website https://pengaduan.bappebti.go.id.
  5. Admin/petugas Layanan Pengaduan Nasabah Perusahaan wajib melakukan pemantauan secara berkala di lama website https://pengaduan.bappebti.go.id untuk mengetahui progress Pengaduan Nasabah terhadap Perusahaan
  • Foto copy KTP nasabah dan atau perwakilannya (jika diwakilkan).
  • Surat kuasa bermaterai dari nasabah yang diwakilkan (jika diwakilkan).
  • Foto copy bukti transaksi keuangan yang terkait permasalahan (Bukti Transfer Dana dan laporan transaksi yang dilakukan).
  • Foto copy dokumen pendukung lainnya yang terkait permasalahan.
  • Kronologis atau uraian pengaduan dengan jelas dan detail

3. Penanganan dan Penyelesaian Pengaduan

  1. Penanganan dan Penyelesaian Pengaduan wajib diselesaikan dalam 21 hari kerja, terhitung setelah BAPPEBTI memberikan persetujuan telah diterimanya pengaduan.
  2. Tahapan-tahapan atau proses-proses dalam Penanganan dan Penyelesaian Pengaduan Nasabah sebagai berikut:








  3. Perusahaan akan menginformasikan dan memutakhirkan setiap proses musyawarah yang dilakukan kedalam sistem pengaduan on-line BAPPEBTI
  4. Nasabah dan kuasanya wajib mendapatkan informasi terkait proses dan hasil pengaduannya.
  • Perusahaan akan melakukan klarifikasi terhadap nasabah melalui surat tertulis, e-mail / dan tatap muka.
  • Perusahaan akan mengirimkan undangan kepada Nasabah untuk melakukan musyawarah.
  • Apabila dalam musyawarah antara perusahaan dan nasabah menemukan mufakat/kesepakatan, maka perusahaan dan nasabah akan membuat Kesepakatan Perdamaian bersifat final dan mengikat.
  • Apabila dalam musyawarah antara perusahaan dan nasabah tidak menemukan mufakat/kesepakatan, maka dilanjutkan kepada Bursa Berjangka.

4. Pelaporan Dan Pengarsipan Dokumen Pengaduan

  1. Setiap hasil penanganan pengaduan baik terjadi mufakat atau tidak terjadi mufakat, perusahaan wajib menyampaikan hasil Penanganan Pengaduan secara tertulis melalui surat tercatat dan e-mail kepada nasabah dan kuasanya serta diunggah kepada sistem pengaduan on-line BAPPEBTI dan wajib ditembuskan kepada Kepala BAPPEBTI c.q. Kepala Biro Perundang-undangan dan Penindakan BAPPEBTI dan kepada Bursa Berjangka
  2. Hasil Penanganan pengaduan wajib dilaporkan paling lambat 3(tiga) hari setelah terjadi mufakat/kesepakatan antara Nasabah dengan perusahaan atau jangka waktu musyawarah telah berakhir
  3. Perusahaan akan menyampaikan laporan penanganan pengaduan setiap bulan kepada Kepala BAPPEBTI melalui Laporan Bulanan Direktur Kepatuhan.

5. Kerahasiaan Data Nasabah

Perusahaan akan menjaga kerahasian data nasabah yang melakukan pengaduan kepada Perusahaan terhadap pihak manapun, kecuali :

  1. Kepada pihak Otoritas dalam hal ini BAPPEBTI;
  2. Dalam rangka penyelesaian pengaduan;
  3. Diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan dan/atau;
  4. Atas persetujuan nasabah yang bersangkutan.

Untuk kelancaran proses pengaduan dan penanganan pengaduan maka nasabah perlu memperhatikan hal-hal berikut :

  1. Tentukan inti permasalahan yang akan diadukan.
  2. Siapkan dokumen pendukung yang terkait permasalahan yang akan diadukan.
  3. Simpan dengan baik dokumen-dokumen asli yang dimiliki dan sampaikan kepada Perusahaan salinan/copy dokumen tersebut saat melakukan pengaduan.
  4. Catat no. register yang diberikan Perusahaan dan nama petugas yang menerima pengaduan.
  5. Simpan dokumen surat-menyurat yang ada termasuk surat hasil penyelesaian pengaduan.

Legalitas Keanggotaan

PT. DELAPAN EMAS BERJANGKA adalah perusahan pialang berjangka legal yang memiliki ijin resmi dan terdaftar sebagai anggota pada otoritas pemerintahan Republik Indonesia dibawah ini

PT.DELAPAN EMAS BERJANGKA

AXA Tower Lt. 27 Suite 05 Jl. Prof.Dr. Satrio Kav. 18 Kuningan City - Setiabudi Jakarta Selatan 12940

Open Live Account

Legalitas

Privacy Policy

Official Fanpage

Open Demo Account

Hubungi Kami

Telp : 021-50424888

Fax : 021-50101848

© 2018 PT. DELAPAN MAS BERJANGKA


Investasi pada perdagangan berjangka mengandung resiko yang tinggi, calon nasabah wajib mempelajari tentang Perdagangan Berjangka dan mamahami isi Dokumen Pemberitahuan .